Tomat Halau Stroke Hingga 55 Persen

Tomat Halau Stroke Hingga 55 Persen

TOMAT (Solanum lycopersicum syn)yang mengandung likopen, seperti tomat, dapat mengurangi risiko stroke pada pria. Dari hasil studi terbaru menemukan bahwa tingkat likopen tinggi dalam darah, bisa mengurangi risiko stroke pada mereka yang memiliki kadar pigmen rendah bahkan hingga 55 persen.

Menurut ketua dalam penelitian tersebut, Jouni Karppi, dari University of Eastern Finland, jika orang mengonsumsi lebih dari lima porsi buah dan sayuran dalam sehari, ia dapat terhindari dari risiko stroke. Dan tomat menjadi salah satu solusinya.

Seperti diketahui, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa likopen dalam tomat dapat menurunkan kemampuan LDL (kolesterol jahat) untuk membentuk plak di arteri, yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke. Sebagai informasi, likopen juga memiliki sifat lain yang berhubungan dengan penurunan risiko stroke, seperti menghambat produksi kolesterol dan mencegah pembekuan darah.

Hubungan antara tingkat likopen yang lebih tinggi dan risiko stroke lebih rendah ditemukan oleh peneliti, ketika memperhitungkan faktor risiko stroke seperti usia, merokok dan diabetes. Selain mengandung antioksidan seperti likopen, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan ini juga memiliki beberapa manfaat lainnya, seperti unsur mangan, kromium, magnesium, besi, fosfor, Vitamin K, Vitamin B1, B6, niasin, B2, asam pantotenat dan protein. Selain itu tomat juga diperkaya dengan kandungan vitamin A, C dan K. (Myhealthdaily, Healthmeup/*/OL-06)

Iklan

6 Cara Simpel Turunkan Kolesterol Jahat

KOMPAS.com — Kolesterol memang ada yang jahat dan baik. Bagaimana bila kolesterol  jahat dalam tubuh Anda termasuk tinggi? Anda tentu harus waspada karena ancaman penyakit jantung dan pembuluh darah akan mengintai.

Kadangkala Anda merasa sudah melakukan yang terbaik untuk menurunkan kolesterol, tapi tetap tidak berhasil. Mungkin ada pula di antara Anda yang sudah mencoba obat penurun kolesterol sebagai salah satu cara menurunan kolesterol yang kelewat tinggi, tapi bagaimana dengan pola makan Anda? Sudahkah Anda mengubahnya menjadi lebih sehat? Karena meskipun dengan pengobatan, tapi tanpa pola makan yang benar, kolesterol bisa tetap tinggi.

Tahukah Anda bahwa Anda bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh sebanyak 10-20 persen hanya dengan mengubah pola makan sehingga makanan Anda menjadi rendah kolesterol.

Lalu, bagaimana Anda bisa tahu makanan yang bisa membuat kolesterol Anda turun? Nah… mari lihat tips simpel berikut ini

1. Perbanyak konsumsi makanan yang berkolesterol rendah, seperti kacang kedelai, kacang merah, tahu, tempe, buah segar, gandum, sayuran, dan jus sayuran.

2.  Buatlah oatmeal untuk sarapan pagi karena para banyak penelitian telah membuktikan bahwa oatmeal sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol Anda.

3. Gantilah telur yang biasa Anda konsumsi dengan telur rendah kolesterol, telur ini bisa Anda dapatkan di supermarket atau di pasar.

4. Cobalah ubah kebiasaan Anda yang senang mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak, seperti fetucini bersaus krim, makanan berkuah santan, gorengan dan jeroan, dengan beragam sayuran yang ditumis dengan sedikit minyak.

5. Perbanyak variasi makanan Anda dengan mengonsumsi seledri, daun kemangi, dan ketumbar.

6. Ganti pemakaian margarin dan minyak yang kurang sehat dengan minyak yang lebih baik untuk kolesterol Anda, seperti minyak kelapa.

sumber :  health.kompas.com

10 Buah Sehat yang Juga Mengandung Racun

Mungkin kita tidak banyak mengetahui bahwa makanan yang umum kita makan sehari – hari, baik berupa buah, sayuran ataupun seafood ternyata mempunyai racun terkandung di dalamnya, yang jika kita memakannya dalam kadar tertentu ataupun salah dalam pengolahannya bisa mengakibatkan kematian.
10 Makanan berikut ini sangat terkenal dan familier buat kita, bahkan sering dianjurkan oleh ahli gizi untuk rutin dikonsumsi demi mencukupi vitamin dan mineral tubuh. Namun mereka (para ahli gizi) mungkin lupa untuk menyebutkan tentang racun yang ada di dalamnya. Langsung saja simak 10 Buah Sehat yang Juga Mengandung Racun

1. Tomat

Banyak diantara kita yang tidak tau bahwa tomat ternyata beracun. Walau buah tomatnya sendiri tidak beracun, tetapi daun dan ranting tanaman tomat mengandung glycoalkaloid yang bisa mengakibatkan sakit perut dan gugup. Daun dan ranting tomat bisa digunakan dalam memasak, tapi tidak bisa dimakan. Glycoalkaloid ini adalah racun yang kuat yang bahkan digunakan untuk mengontrol pes.


2. Apel

Apel sangatlah terkenal sebagai buah yang enak dan sehat tetapi taukah anda bahwa apel mengandung Cyanide/ sianida, walaupun hanya dalam jumlah sedikit. Kandungan sianida ini terdapat di dalam biji apel. Walaupun memakan semua biji yang ada dalam 1 apel tidak akan mematikan, tetapi adalah sesuatu hal yang harus dijauhi. Karena bila anda memakannya dalam jumlah tertentu, akan mengakibatkan komplikasi

3. Cheri

Cheri adalah makanan yang bisa dimakan paling bervariasi. Bisa dimakan mentah, dibakar, dijadikan manisan, bahkan di dalam minuman keras. Walaupun Cheri terkenal enak, buah ini mengandung racun hidrogen sianida. Kalau pip cheri ini terkunyah atau hancur secara tidak sengaja, ia akan mengeluarkan hidrogen sianida. Keracunan hidrogen sianida dalam dosis kecil akan mengakibatkan pusing, kebingungan, dan muntah. Keracunan dalam dosis yang besar akan mengakibarkan kesulatan bernafas, kenaikan tekanan darah dan detak jantung, bahkan gagal ginjal yang bisa mengakibatkan koma dan juga kematian karena saluran pernafasan.


4. Almond

Walaupun orang menyebutnya kacang Almond sebenarnya adalah biji-bijian, yang sangat terkenal di dunia. Seperti hal nya Apel, Almond juga mengadung sianida. Almond ini sangat beracun bila tidak diproses di panas yang benar untuk mengeluarkan racun nya. Di banyak negara, Almond ini dilarang dijual sebelum diproses untuk mengeluarkan racun sianida darinya.

5. Kentang

Pasti semua dari kita sudah pernah mendengar bahkan memakan kentang. Yang belum kita dengar mungkin adalah bahwa kentang ini beracun. Ranting dan daun bahkan kentang nya sendiri beracun. Kalau anda pernah perhatikan kentang lebih dekat, kemungkinan besar dari kita pernah melihat kentang yang agak kehijau-hijauan. Ini adalah disebabkan oleh racun glycoalkaloid. Dalam sejarah, kematian akibat kentang ini pernah terjadi walaupun jarang.

Kebanyakan adalah karena meminum teh daun kentang atau memakan kentang yang kehijau-hijauan. Kematian ini tidak datang secara cepat dan mendadak, tetapi bisanya korban nya akan menjadi lemas dan kemudian jatuh koma. Oleh sebab itu, janganlah mengkonsumsi kentang yang mempunya bulatan seperti bola mata hijau, kulit kehijau-hijauan, atau yang telah berakar. Buanglah kentang-kentang tersebut daripada menyajikan nya.


6. Cabe

Sepertinya tidak ada seorang pun diantara kita yang tidak pernah memakan cabe. Apapun jenis cabe tersebut (cabe rawit, keriting, hijau, dsb) mengandung bahan kimia yang disebut capsaicin. Capsaicin inilah yang bikin cabe itu menjadi pedas. Kimia ini sangalah keras dimana bisa digunakan untuk menghilangkan cat, bahkan digunakan sebagai “pepper spray” yang bisa membutakan mata. Bilan capsaicin ini dimana dalam jumlah tertentu, akan menyebabkan kematian.

7. Kacang Monyet

Seperti halnya almond, kacang monyet ini sebenarnya bukanlah kacang melainkan adalah biji-bijian. Pada saat anda membli kacang monyet yang mentah, sebenarnya kacang tersebut sudahlah tidak mentah tetapi sudah dikukus terlebih dahulu. Ini dikarenakan, kacang ini mengandung racun urushiol yang harus di kukus dulu untuk menghilangkan racun tersebut. Keracunan kacang monyet ini sangat jarang, tetapi orang-orang yang bekerja di pabrik untuk memisahkan kacang monyet dari kulitnya kadang mengalami efek samping yang disebabkan oleh racun urushiol.


8. Jamur

Ada sekitar 5000 jenis jamur di Amerika dan sekitar 100 disebut beracun dan kurang dari selusin adalah jamur yang memtikan. Secara umum, jamur bisa mengakibatkan gangguan gas dalam pencernaan usus bagi yang alergi terhadapnya. Karena banyaknya jenis jamur yang ada didunia, sangatlah susah untuk mengetahui persis yang mana yg beracun. Pada dasarnya, jamur yang tumbuh secara liar lebih mungkin beracun. Salah satu jenis jamur yang paling beracun adalah “Alpha-amanitin”, yang dapat merusak lever.


9. Pufferfish

Ikan Pufferfish adalah veterbrata paling beracun kedua di dunia. Orang Korea dan Jepang paling suka memakan ikan ini. Banyak yang tidak tau bahwa lever dari ikan ini adalah sangan beracun yang dapat mengakibatkan kematian. Racun tersebut dikenal dengan nama tetrodotoxin yang bisa menyebakan darah tinggi, mati rasa yang dan paralysis urat yang bisa menyebabkan kegagalan dalam bernafas dan kematian.


10. Cassava (Yuca)

Mungkin tidak banyak dari kita yang tau makanan ini. Cassava banyak ditemukan di karibean dan Amerika Selatan. Cassava ini bisa dimakan manis ataupun pahit.Makanan ini mengandung cyanogenic glocosides yang ternyata sangat beracun. Dari baunya, cassava akan mengusir serangga bahkan juga binatang, dan kalau tidak di proses secara benar akan mengakibatkan kematian

Buah-buahan Yang Dapat Membuat Kulit Sehat dan Tampak Bercahaya

Buah-buahan Yang Dapat Membuat Kulit Sehat dan Tampak Bercahaya – Berbagai Manfaat dan Khasiat Buah-buahan Untuk Kecantikan

Berbagai macam cara dicari dan di coba banyak orang untuk jalan alternatip mendapatkan Kulit Sehat, cantik dan senantiasa Tampak Bercahaya, yang dalam hal ini salah satunya dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung serat. Banyak makan serat dari buah tidak hanya akan membuat tubuh sehat tetapi juga membuat kulit awet muda. Ada beberapa buah yang memiliki khasiat dan manfaat membuat kulit bercahaya. Kalaupun begitu, kebanyakan makan serat juga ada sisi negatipnya.

Berikut beberapa manfaat buah yang dapat membuat kulit sehat dan tampak bercahaya, yaitu:

1. Lemon
Lemon mengandung banyak vitamin C yang menjaga kulit tetap cantik. Segelas air hangat, lemon dan Madu yang diminum di pagi hari dapat menjadi pembersih kulit yang luar biasa. Lemon juga bisa diaplikasikan ke kulit untuk memudarkan bekas jerawat dan bagian hitam di siku. Lemon dan Madu juga bisa jadi pembersih kulit alami.

2. Apel
Apel merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan. Studi membuktikan bahwa apel mengandung elastin dan kolagen yang dapat membuat kulit awet muda.

3. Jeruk
Jeruk mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. Sama seperti apel, jeruk mengandung kolagen yang dapat memperlambat proses penuaan kulit.

4. Pepaya
Pepaya kaya akan vitamin C, yang berguna dalam menjaga kulit yang sehat. Selain itu bila dimakan secara teratur, pepaya dapat membantu dalam evakuasi tinja, yang secara tidak langsung membantu dalam mendapatkan kulit yang bersih dan cerah.

5. Mangga
Mangga sering disebut raja buah, bukan hanya karena rasanya tetapi juga manfaat kesehatannya. Bulir halus dari mangga juga memiliki manfaat luar biasa pada kulit. Kaya dengan vitamin A dan antioksidan, membuat mangga efektif memerangi proses penuaan kulit, regenerasi sel kulit dan menjaga elastisitas kulit.

Nah itulah beberapa Buah Yang Dapat Membuat Kulit Sehat dan Tampak Bercahaya

Semoga bermanfaat

Salam sehat

Pilihan Buah Sehat untuk Ngemil

Liputan6.com, New Delhi:

 Ingin ngemil namun tetap sehat? Cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan. Namun tak semua buah bagus untuk dikonsumsi sebagai camilan atau makanan saat senggang, karena beberapa buah justru mengadung kadar gula tinggi dan tak baik bagi Anda yang sedang menjalani diet.

Berikut beberapa pilihan buah terbaik dan terburuk untuk dijadikan camilan versi Times of India, Ahad (13/5):

1. Buah jenis berries, yakni blueberry, stroberi, raspberry, dan blackberry. Semua jenis berry itu memiliki kandungan antioksidan dan vitamin tinggi. Tak hanya itu, buah kecil berserat adalah pilihan tepat dan penuh gizi untuk Anda makan. Perlu diingat bahwa buah-buahan, terutama stroberi dan raspberry, sangat baik pada daging panggang dan salad. Jadi lanjutkan!

2. Cobalah mengonsumsi ceri yang juga kaya akan antioksidan. Meski mengandung kadar gula sedikit lebih tinggi, buah ini memiliki kadar karbohidrat rendah dan memiliki unsur serat yang penting bagi tubuh.

3. Buah apel dan pir juga pilihan tepat untuk Anda, karena keduanya memiliki kandungan gula rendah gula dan serat yang baik diserap tubuh. Meskipun buah ini tak terlalu banyak mengandung antioksidan, buah ini dapat memuaskan keinginan Anda pada rasa manis.

4. Buah persik dan aprikot juga cocok untuk dijadikan camilan, karena buah tersebut memiliki kandungan gizi yang sama seperti apel dan pir. Selain itu buah-buahan jenis ini juga pilihan cerdas untuk mendapatkan dosis yang baik dari vitamin C dan serat.

Ini dia buah yang tak begitu baik untuk dijadikan camilan.

1. Hindari buah melon dan semangka bila Anda ingin ngemil. Kedua buah ini dikenal memiliki kandungan gula sangat tinggi.

2. Hindari juga buah mangga dan pepaya untuk konsumsi terlalu sering atau jumlah banyak, karena kedua buah ini justru lebih baik dinikmati sesekali saja. Sebagai gantinya pilihlah pisang, selain mengandung banyak vitamin, buah ini juga mengenyangkan.

3. Selain mengandung kandungan bromelain yang bermanfaat bagi tubuh, buah nanas mengandung kadar gula yang tinggi. Jadi hindarilah mengonsumsinya terlalu sering daripada merasa bersalah setiap kali mengonsumsinya.

Jadi untuk pilihan camilan dan makanan ringan cerdas, pilihlah makanan yang sehat selain mengenyangkan. Karena pilihan yang bijaksana akan membuat hidup Anda sehat dan bahagia.(SHA)

Salam Sehat