Fakta Seputar Air Kelapa

Selama ini, air kelapa dipercaya memiliki banyak khasiat. Benarkah demikian?

Benarkah bisa mempercepat metabolisme tubuh?

“Ini cuma mitos belaka,” sahut Liz Applegate, Ph.D., direktur nutrisi olahraga di University of California di Davis, seperti dikutip dari Self. “Tidak ada penelitian sah yang membuktikan hal ini.” Sebaliknya juga ada mitos yang menyebutkan bahwa air kelapa bisa membuat gemuk. Reputasi buruk ini muncul karena santan yang terbuat dari perasan daging kelapa dan mengandung 445 kalori per gelas, yang banyak menyimpan lemak jenuh. Sementara, air kelapa muda hanya mengandung 46 kalori per gelasnya.

Benarkah bisa membuat awet muda?

Air kelapa mengandung cytokinins, hormon tumbuhan yang bisa memperlambat proses penuaan dalam tumbuhan dan lalat buah, menurut penelitian terhadap molekul. Dengan demikian, keuntungan air kelapa ini belum terbukti bagi manusia.

Benarkah bisa meredakan sakit akibat mabuk alkohol?

Ada alasan mengapa setelah mabuk berat badan terasa sungguh menyakitkan, itu karena alkohol menyebabkan dehidrasi, membuat mual dan sakit kepala. Sama seperti minuman lainnya, air kelapa bisa mengganti kekurangan cairan dalam tubuh, namun air putih juga memiliki khasiat yang sama, sahut Samir Zakhari, Ph.D., direktur Divisi Metabolisme dan Dampak Kesehatan di National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism. Ketika minum, ginjal manusia menyimpan elektrolit, sehingga kita tidak perlu menggantinya dengan minum air kelapa. Jika rasa air kelapa ini bisa membangkitkan semangat Anda kembali, silakan minum air kelapa, namun sesungguhnya Anda cukup minum air putih biasa saja.

Benarkah bisa menjaga kesehatan jantung?

Diet tinggi potasium bisa membantu menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung, ujar Andrea Giancoli, R.D., juru bicara American Dietic Association. Air kelapa merupakan sumber mineral yang baik, namun akan lebih baik lagi jika mendapatkan mineral dari makanan utuh, yaitu sayur-sayuran, seperti bayam atau ubi dan susu rendah lemak, yang memberikan nutrisi yang sehat bagi jantung, seperti serat dan vitamin D.

Tiga cara lainnya mengkonsumsi kelapa:
– Santan : sebagai alternatif pengganti susu, santan berasal dari perasan daging kelapa matang dan mengandung potasium yang menyehatkan seperti yang dikandung dalam air kelapa. Namun waspadalah dengan kandungan lemak jenuhnya yang tinggi, satu gelas mengandung sekitar 43 gram lemak jenuh.

– Minuman santan kelapa : diencerkan dengan air, minuman ini mengandung sekitar lima kali kalori lebih rendah dibandingkan dengan santan biasa. Rasanya lebih kental dan gurih dibandingkan dengan air kelapa.

– Kelapa parut :  daging kelapa tidak mengandung potasium atau sodium sebanyak air kelapa. Daging kelapa mengandung sekitar 388 kalori dan 22 gram lemak jenuh per gelasnya.
(Self)
sumber : http://www.shnews.co/

Salam Sehat

Artikel Terkait :

Menggunakan Santan Kelapa untuk Kulit Kepala dan Rambut
Kandungan Nutrisi dalam Santan Kelapa
Mengintip Kandungan Senyawa Santan Kelapa

Tinggalkan komentar